Loading...

Zuhud adalah salah satu akhlak utama seorang muslim. Terutama saat di hadapannya terbentang lebar kesempatan untuk meraih dunia dengan segala macam perbendaharaannnya. Apakah itu kekuasaan, harta, kedudukan, dan segala fasilitas lainnya. Karenanya, zuhud adalah karakteristik dasar yang membedakan antara seorang mukmin sejati dengan mukmin awam. Jika tidak memiliki keistimewaan dengan karakteristik ini, seorang mukmin tidak dapat dibedakan lagi dari manusia kebanyakan yang terkena fitnah dunia.
.
Orang zuhud tidak pernah mengutamakan kenikmatan dunia, karena kenikmatan dunia hanya sementara, tidak kekal, dan hanya memperdaya manusia.
.
Kita selaku umat muslim harus membiasakan untuk berperilaku zuhud, karena sikap zuhud akan mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan. Orang yang berperilaku zuhud selalu merasa puas terhadap karunia Allah dan tidak pernah merasa kurang.
.
Dengan berperilaku zuhud, kita akan terhindar dari godaan setan yang selalu membakar nafsu manusia untuk mencari kenikmatan dunia sebanyak-banyaknya. Bila manusia telah di kuasai nafsu, pasti ia akan celaka.
.
Perilaku zuhud merupakan ajaran Rasulullah SAW. Beliau mengharapkan agar umatnya berperilaku zuhud. Beliau menyuruh umatnya untuk lebuh mengutamakan kesengang akhirat dari pada kesenangan dunia.
.
"Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat." (Asy Syura {42}: 20)
.
Sudahkan zuhud menjadi pilihan kita?
Wallahu a'lam bish shawab. Semoga bermanfaat ya!
.

5 months ago 1

1,555 Likes (Last 100 Likes)

1 Comments