salimafillah

Salim A. Fillah

Pengharap ampunan Allah, perindu syafa'at Nabi ﷺ, pencinta para shalihin. @proumedia @JejakImani @fullheart.corp @mncrgkn.skl , CP: 081328086636

Loading...
SETELAH 14 TAHUN @salimafillah . Setelah 14 tahun.. Tetaplah menjadi hati yang kugunakan untuk menghayati.. Tetaplah menjadi mata yang kugunakan untuk melihat.. Tetaplah menjadi telinga yang kugunakan untuk mendengar.. Tetaplah menjadi lisan yang kugunakan untuk bicara.. Tetaplah menjadi tangan yang kugunakan untuk bertindak.. Tetaplah menjadi kaki yang kugunakan untuk melangkah.. . Sebab seiring waktu kian terasa.. Kita berdua hakikatnya satu nafas.. Hanya saja sedang bertiup di jasad yang berbeda.. . Sebab seiring waktu kian terasah.. Kita berdua hakikatnya satu darah.. Hanya saja sedang berdetak di pembuluh yang terpisah.. . Sebab seiring waktu kian tereja.. Kita berdua hakikatnya satu jiwa.. Hanya saja sedang hinggap di tubuh yang dapat bersentuh.. . Setelah 14 tahun,  Semakin banyak yang tak dapat diungkap dengan kata.. Tapi ringkasnya selalu begini; Tetaplah menjadi separuh agamaku, penjaga ketaatanku.. . @indahnursalim (Yang merusuk di dekat tangan tuk dilindungi, yang merasuk di dekat hati tuk dicintai, sejak 20 Agustus 2004)
SAPTA Donga PAMUJI (Tujuh Doa Permohonan Sang Pemanah) . Dikutip dari Kitab Kidung Suryenglaga. Tersusun dalam tembang macapat, ditulis dalam Aksara Arab Pegon. Adapun Pangeran Adipati Suryenglaga Sabilullah adalah Panglima Pasukan Bulkiya dalam Perang Dipanegara 1825-1830. . Tembang: MASKUMAMBANG . I //Solahira kapurwakan Bismillaahi Sukunira pasang Intisob basa Ngarabi Pinangka donga pambuka// . Terjemah: Segala gerakmu dimulai dengan "Bismillaah" Kakimu dalam posisi kuda-kuda Intishab Bahasa Arabnya Sebagai doa pembuka . II //Tafwik panyanthel lan akoding pangunci Kanthi masyaallaah Jer mahluk namung sak dermi Tinitah ing Arca Pada// . Terjemah: Tafwiq menautkan anak panah dan 'aqad menguncinya Dengan ucapan "Masyaallaah" Sebab tiap makhluq memang hanya dititahkan mengabdi di alam dunia . III //Hangrapal Laa Quwwata illaa billaahi Ing pamenthangira Daya kawijayan iki Allah ingkang kagungan// . Terjemah: Melafalkan "Laa quwwata illaa billah" Pada rentangan busurmu Segala daya dan kekuatan ini Allah lah Pemiliknya . IV //Tinoning i'timad Allahumma Sadid Tumameng tujonnya Syarat rukuning jemparing Kang kajiwa kasalira// . Terjemah: Menatap penuh i'timad, "Allaahumma Saddid" Tepatkan ke arah tujuannya Syarat dan rukunnya memanah Yang terhayati sepenuhnya . V //Kalamun hanglepas sira ing jemparing Ya Haq panyuwunira Ya Allah Kang Maha Asih Nglampahake panahira// . Terjemah: Jika kaulepaskan anak panahmu "Yaa Haq", jadilah doa permohonanmu Ya Allah Yang Maha Pengasih Yang memperjalankan panahmu . VI //Allahu Akbar tumameng tujoneki Allah kang kawasa Jaya kasor wus pinasthi Wenangira mung ndedonga// . Terjemah: "Allaahu Akbar" ketika panahmu mengenai sasaran Allah Yang Maha Kuasa Menang ataupun kalah sudah tertakdir Kemampuan kita hanyalah berdoa . VII //Matura sira hadza min fadli rabbi Yen mumtaz tumama Ing taman tujon jemparing Pujaning satriya tama// . Terjemah: Ucapkanlah "Hadza min fadhli Rabbi.. Ini semata karunia Allah" Jika mumtaz sempurna anak panahmu Mengenai sasaran panahan Inilah doa permohonan ksatria utama. ___________ Ilustrasi: Pencitraan dari penulis novel 'Sang Pangeran dan Janissary Terakhir', mencoba menghayati doa sang pemanah.
LELAH BERPISAH @salimafillah . Dalam acara bertajuk 'Lelah Berpisah' bersama @conncreate kemarin, telah disampaikan suatu gerakan bersama anak muda muslim Indonesia, dipandu oleh guru-guru kita @ustadzabdulsomad @felixsiauw @oemar_mita @hanan_attaki @abufida.tj. Dan saya menyampaikan 5 hal penting sebagai panduannya: . 1) Kepada setiap muslim, yang ridha Allah menjadi Rabbnya, Islam menjadi agamanya, serta Muhammad ﷺ menjadi Nabi dan Rasul baginya; katakan, "Kamu adalah saudaraku." Apalagi jika dia suka shalat berjama'ah, suka ta'lim, suka da'wah. . 2) Perbedaan di antara kita pada hal-hal cabang, tidak boleh menafikan kesatuan pada akar dan batang. Perbedaan yang dapat dihitung, tidak boleh mengalahkan persamaan yang tak terbilang. . 3) Perbedaan furu'iyyah telah dibahas oleh para 'ulama Salafush Shalih yang jauh lebih 'alim, lebih faqih, lebih wara', lebih berakhlaq dan beradab dibanding kita, bahkan pula Asatidz kita. Jika kita memaksakan membahasnya, hasilnya takkan lebih baik, takkan lebih tepat, takkan lebih manfaat, dan takkan lebih barakah daripada mereka. Maka cukupkan dengan mengkaji bahasan mereka, pilih yang paling mantap sesuai dalil dan paling menentramkan hati bagi kita. . 4) Jadilah kita penaut, perekat, penyambung, pendamai, dan pemersatu seperti perintah Allah, "Maka damaikanlah di antara kedua saudaramu." Jangan buruk sangka, apalagi teliti mencari aib, hanya untuk dijadikan bahan adu domba, terlebih antar Asatidz dan guru-guru kita. Alihkan dan cegah setiap hal yang memecah belah, dalam pembicaraan nyata maupun maya. . 5) Yang terpenting dari kesemuanya, jangan pernah lelah berdoa untuk persatuan dan kejayaan ummat. Di antara doa yang tak boleh lepas: "Rabbanaghfirlanaa wa li ikhwaaninalladziina sabaquuna bil iimaan. Wa laa taj'al fii quluubinaa ghillan lilladziina aamanuu, Rabbanaa innaka Raufur Rahiim. Duhai Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan iman. Dan jangan Kaujadikan di hati kami, rasa dendam-dengki kepada orang-orang beriman. Duhai Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Lembut lagi Maha Penyayang." . Lelah berpisah, balikan yuk. Insyaallah bulan-bulan ke depan akan ada kolaborasi asyik.😊
NKRI Harga NAIK @salimafillah . Barangkali kata 'merdeka' adalah perjuangan yang belum usai bagi negeri ini. Masih panjang jalan kita untuk meraih makna sejatinya, merdeka dari penghambaan pada sesama makhluq menuju peribadahan pada Al Khaliq, dari sempitnya dunia menuju luasnya dunia akhirat, dan dari kezhaliman berbagai tatanilai dan adyan menuju keadilan Islam. . Tapi mengatakan hari ini kita belum merdeka sama sekali, adalah kekurangsyukuran pada mereka yang telah menyumbangsihkan harta hingga nyawa untuk meneriakkan kata itu hingga tujuhpuluh tiga tahun lalu. . Maka sejak Bapak NKRI Buya Mohammad Natsir dari Partai 'Majelis Syuraa Muslimin Indonesia' (Masyumi) mengajukan mosi integral di hadapan Parlemen RIS pada 3 April 1950 yang melebur negara-negara federal bawahan Republik Indonesia Serikat kembali ke bentuk negara kesatuan; kita harus terus berjuang agar NKRI kita terus naik kuantitas maupun kualitasnya sebagai negara yang hendak melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. . Ya. NKRI bukan hanya harga mati. NKRI harus harga naik. Terus-menerus. Dengan kuantitas besarnya, dengan kualitas tingginya; untuk menginspirasi dunia. Dirgahayu negeriku! Takkan kulelah untuk terus mencintai dan mendoakanmu. . Atas berkat rahmat Allah; Merdeka! Dengan mewangking (lukisan) keris di kaos, siap berjuang tuk NKRI Harga Naik!
Keplek ILAT dan PAWON Anget @salimafillah . Sebagaimana perbedaan konsep seni "ndudut ati" dan "ngayang batin", dalam tradisi kuliner Mataraman, ada 2 madzhab utama mengikuti gaya hidup awal di kedua Kuta Nagara yang bersaudara. . Di Surakarta, yang sejak masa Ingkang Sinuhun PB II mengembangkan hubungan 'saling menjaga eksistensi' dengan VOC, berkembang budaya "Keplek Ilat" yang secara harfiah lebih kurang berarti "memanjakan lidah." Maknanya, seluruh keluarga dapat saja pergi keluar untuk menikmati sajian yang diinginkan dari restoran dan warung makan. . Ini yang barangkali menjelaskan mengapa tradisi kuliner Surakarta sejak dulu berkembang pesat dan adaptif terhadap gaya masakan dari luar. Selat Solo yang menggabungkan Salad ala Barat dengan teknik dan bumbu Jawa, lalu ada Sate Buntel yang cincangan dagingnya dibungkus lemak halus, Bestik yang empuk, Sosis Solo yang gurih, Timlo yang segar, Liwet, Tengkleng berkuah dan berbagai sajian lain setidaknya menunjukkan betapa kayanya kreativitas untuk mendukung kebersamaan ala Surakarta yang dibangun dengan cara menikmati kudapan di luar rumah ini. Jajan yang berbalut keakraban. . Hidangan ala "Keplek Ilat" biasanya dinikmati fresh, segar sekali masak. . Di Yogyakarta, di mana Ngarsa Dalem Sultan Hamengkubuwana I mengembangkan hubungan 'perlawanan halus' pada VOC sejak selesainya Perang Giyanti 1746-1755, tumbuh budaya "pawon anget" yang secara harfiah berarti "dapur hangat". Maknanya adalah bahwa kebersamaan di rumah menikmati apa yang ada amat diutamakan. Di masa prihatin, ini akan berkembang menjadi "Mangan Ora Mangan Kumpul". . Demi "Pawon Anget", seorang istri dan ibu tertuntut untuk memasak lebih dari satu menu demi dapat berhimpunnya seluruh anggota keluarga di meja makan. Konsekuensinya, masakan hari ini dapat dihangatkan berulangkali karena ada anggota keluarga yang amat menyukainya, lagi dan lagi untuk esok hari. Di masa kini, banyak rumahtangga asli Yogyakarta yang saya kenal rela memiliki 2 lemari pendingin demi menjaga falsafah ini. . Gudeg. Ini yang pasti tercetus pertama di benak kita tentang Yogyakarta. Baik yang berbahan Gori (nangka muda) maupun Manggar (bunga kelapa)... . (Bersambung ke COMMENTS)
LELAH BERPISAH . Pemirsa sekalian, mohon maaf lho ya, saya tidak dilibatkan dalam pembuatan video-nya Ustadz @felixsiauw yang di bagian belakangnya mencatut nama saya ini. Jadi mohon maklum kalau tayangan ini awkward #mncrgknskl antar 2 cowok baper.😂😂😂 . Yaqin lah nyong ora melu-melu kiye koh. Yaqin lah, bengko kiye wetenge nyong ndelok'aken.😂 . Untuk tahu makna shahih sebenarnya, hayuk besok Jumat 17 Agustus 2018 hadir di Eleven Trees, Cilandak, Jakarta Selatan jam 08.00-11.00 WIB. Daftarkan diri Shalih(in+at) di: . CP Ikhwan: 081617566856 CP Akhwat: 089668241548 . Katanya tempat terbatas, dan tidak dianjurkan membawa mobil pribadi. Pakai angkutan umum lebih afdhal.😁 . Untuk jadwal-jadwal kami lainnya, simak di @jadwal_salimafillah
NIATKAN Semuanya, 'AMALKAN Sepuncak KEMAMPUAN @salimafillah . Allah selalu menguji iman kita tuk dibuktikan dengan 'amalan. Di situlah sebagai hamba, kita merasa lemah dengan keterbatasan-keterbatasan kita. Sementara kewajiban bertumpuk, waktu kita disempitkan sibuk. Sementara kebutuhan saudara-saudara kita begitu banyaknya, yang dapat kita sisihkan dari harta kita ternyata tak seberapa. . Tapi berbahagialah kita dengan sabda NabiNya ﷺ dalam riwayat Al Baihaqi: . نية المؤمن خير من عمله . . "Niatnya orang beriman lebih baik daripada 'amalnya.." . Dha'ifnya sanad hadits ini tak menghalangi kebagusan maknanya. Bahwa seorang mukmin ingin sekali menyumbang untuk pembangunan sebuah Masjid dengan menanggung 10 milyar dana total; tapi kemampuan berinfaqnya hanya 10 juta; niatnya yang lebih baik daripada 'amalnya telah sampai ke hadapan Allah. Ini diperkuat hadits shahih riwayat At Thabrani dan Al Baihaqi, "...Hamba pertama dikaruniai ilmu dan harta, lalu dia bertaqwa dan beramal shalih dengan hartanya. Hamba kedua dikaruniai ilmu tapi tak dikaruniai harta. Tiap kali melihat hamba pertama beramal maka dia berkata dalam hati, 'Ya Allah, sekiranya aku dikaruniai harta seperti saudaraku itu, niscaya aku akan beramal sepertinya'. Maka pahala kedua hamba Allah ini sama..." . Maka dalam suasana 'Idul Adha ini; mari niatkan ibadah Qurban kita ke semua yang memerlukan; di kampung kita, di pelosok terpencil yang perlu dijaga 'aqidahnya, di Lombok yang termusibah gempa, maupun di Palestina, Yaman, Suriah, dan Rohingya. . Ya. NIATKAN SEMUANYA. . Adapun 'amalnya, kerahkan sepuncak kemampuan kita pada pilihan 'amal yang paling prioritas menurut kita. Jangan lagi kita benturkan "dekat" atau "jauh", "dalam" atau "luar" dalam hati. Niatkan semuanya, 'amalkan sepuncak kemampuan kita. . Seperti tahun sebelumnya, @SahabatAlAqsha insyaallah selalu sedia menyambung cinta kita, melalui Qurban Garis Depan. Ahlan bagi yang masih berkeluangan, rebut pula pahala utama dari Allah, dengan cinta untuk muslimin sedunia. Tatacara transfer dapat dilihat pada gambar, Shalih(in+at).😊
Sang PANGERAN dan JANISSARY Terakhir @salimafillah . Kyahi Gentayu berjingkrak, menaikkan kaki depannya sambil meringkik riang dan sesekali melonjak. Surainya berkibar terentak selaras dengan tapak-tapaknya yang berkecipak. Dengan kepala mendongak, sang penunggang tetap dapat duduk tegak. Lelaki berperawakan tinggi lagi kacak itu tampak seperti sedang menari tandak. Gerak tubuhnya melenggak sesuai lenggok tunggangannya yang rancak. Di sekeliling kuda yang menjejak-jejak, para pengawalnya seirama berlari hingga tombak-tombak di tangan mereka turut meliuk bagai pusaran ombak. . “Lihat Paman! Lihat sedulur sekalian!”, seru Sang Pangeran yang tiba-tiba memutar kendali kudanya sambil mengacungkan tangan ke arah Puri yang dikerumuk api. “Kediaman kita telah terbakar! Dan tiada lagi tersisa tempat bagi kita di atas bumi ini! Maka mari kita semua mencari tempat untuk diri kita di sisi Allah!” . “Kami bersama Anda, Kangjeng Pangeran! Pejah gesang fi sabilillah!”, sambut para pengikut. . “Dan demikian pula kalian, para Janissary terakhir?”, tanyanya meminta penegasan disela ringkik Gentayu yang telah hendak berpacu namun dikekang. . “Tentu, Pangeran... Kita adalah kaum, yang apabila bumi menyempit bagi kita, maka langit yang akan meluas untuk kita! Hiyaaaa!”, seru Nurkandam Pasha sambil melecut kudanya. Sang Pangeran tersenyum mantap, dan sekali dia lepaskan kekang Gentayu, dua lompatan kuda itu senilai tiga kali loncatan kawanannya. . “Hiyaaa... Hiyaaa...”, serempak yang lain turut berpacu dan turangga-turangga terbaik dari Tergalreja itu berlari ke arah terbenamnya mentari sebelum membelok ke selatan menyusur tepian Kali Bedhog. . “Maktuub..!”, Katib Pasha yang ada di barisan belakang berbisik dengan memejam mata sambil mengusap surai tunggangannya dan menunduk khusyu’. Sejak senja yang gerah, Rabu 5 Dzulhijjah 1240 Hijriah, salah satu perang sabil paling berdarah di Nusantara itu telah pecah. ___________ Gambar ilustrasi hanyalah pencitraan dari penulis calon novel di atas yang sedang belajar menghayati anggitan di atas kuda jantan bernama John Mumung, setelah sebelumnya Luna dan Bless. Mohon bermurah hati mendoakan agar istiqamah berlatih hingga meraih berkah.😬
SULTAN yang #MNCRGKNSKL @salimafillah . Sebenarnya, hanya 5 tahun terakhir masa pemerintahannya dia menyandang gelar Sultan. Ketika naik takhta pada tahun 1613 dia memakai sebutan kakeknya, 'Panembahan', dan setelah merengkuh Madura pada 1624 dia memilih gelar 'Susuhunan'. . Bayangkan seorang yang sibuk mengonsolidasi kekuasaannya hingga Priangan, Surabaya, Madura, Blambangan, dan daulatnya merambah Banjar, Sukadana, Palembang, serta Jambi; tapi sempat menyusunkan tata bicara dengan 3 tingkatan, mengenalkan bunyi antara "a" dengan "o" yang diambil dari Arab lalu menjadi kekhasan bahasa Jawa, membuat perhitungan kalender baru yang sampai sekarang lebih akurat dan dekat dengan ru'yatul hilal, mengembangkan pranatamangsa untuk sistem pertanian dan perdagangan, meletakkan gaya berbusana, tata boga, hingga standar tata kota, memisahkan ibukota pemerintahan dengan pusat ekonomi di Kotagede, melengkapi struktur gamelan, pagelaran, mengoreografi tarian beksa lawung yang gagah, juga menulis buku sastra. . Sebagaimana sejawatnya di Aceh Darussalam, Iskandar Muda (1607-1636), dia taat syari'at. Yang disebut terakhir ini menghukum mati putra kesayangannya, Meurah Pupok karena berzina, padahal sudah beristri. Tindakan itu melahirkan hadih naja yang masyhur, "Matee aneuk meupat jrat, mate hukom hana pat tamita.. Mati anak ada kuburnya, mati hukum tiada gantinya." . Sultan Agung menghadapi putra mahkota yang lebih badung. Raden Mas Syahwawrat juga menodai salah satu istri Tumenggung Wiraguna. Karena belum menikah, dia dicambuk lalu dibuang. Sayang Sang Sultan tak membatalkan hak kuasa anaknya. Dendam menyala akan mewarnai masa kelam pemerintahan sang putra kelak yang dikenal sebagai Amangkurat I. . Dikenang karena 2 serbuan dahsyatnya ke Batavia, juga Istana Kartanya yang dikelilingi Segara Yasa, laut buatan tuk pertahanan sekaligus persiapan serangan ketiga; Sultan Agung yang mendapat gelar Sultan Abdullah Muhammad Maulana Mataram dari Syarif Makkah, Zaid ibn Muhsin Al Hasyimi atas nama Sultan Murad IV dari Daulah 'Utsmaniyah dipilih jadi sosok inspirasi @fullheart.corp. Kemeja dalamannya yang bergaris kiri-kanan mengilhami seri ini. Kulik ya. Eh katanya mau tayang filmnya.😊
Curiga DULU, Curiga LAGI, Curiga TERUS @salimafillah . Jika kita merasa bahwa semua hal yang kita lakukan tak beres jua dan seakan seisi dunia menjadi penghalangnya, tidakkah kita curiga bahwa yang berantakan sebenarnya isi kepala dan dada kita? . Jika kita merasa bahwa semua anugerah dan capaian kita tak pernah memuaskan dahaga jiwa, segalanya terasa fatamorgana hampa, tidakkah kita curiga bahwa yang kosong sesungguhnya adalah hati kita? . Jika kita merasa bahwa doa-doa kita tak berjawab dan lambat diijabah, tidakkah kita curiga bahwa kita sendirilah yang telah menyumbat jalan karunia dengan dosa-dosa? . Jika kita merasa bahwa tetiba orang-orang baik menghindar dan menjauhi kita, tidakkah kita curiga bawa maksiat kitalah yang menyebabkan Allah menyisipkan setitik benci ke dalam hati mereka tanpa disadari? . Dan jika kita merasa bahwa semua orang bermasalah dengan kita, tidakkah kita curiga bahwa sejatinya diri kita inilah masalahnya? . Ya Allah, perbaikilah diri kami yang sungguh #mncrgknskl ini. Kami akan selalu curiga dulu, curiga lagi, dan curiga terus pada diri sendiri; sebab Kau yang mengatur seluruh hidup kami adalah Dzat Maha Sempurna, tak pernah alpa, tak pernah aniaya. _______________ Saya sih tidak ikut-ikutan proses kreatif video yang sangat #mncrgknskl ini 😂. Langsung saja cek di akun IG @mncrgkn.skl untuk belanja fesyen muhasabah kita.😊
LELAKI & WANITA @salimafillah . Lelaki terindah di mata wanita bukanlah yang paling tampan wajahnya; melainkan yang bisa membuatnya merasa sang tercantik di dunia. . Lelaki tergagah di hati wanita bukanlah yang paling kekar ototnya, melainkan yang mampu mendengar, memahami, & mengerti curahan hatinya. . Lelaki terkaya bagi wanita, bukanlah yang terbanyak hartanya. Tapi dia yang pandai bersyukur & mengungkapkan terimakasih padanya. . Lelaki tershalih bagi wanita, tak sekedar yang banyak ilmu agama & rajin ibadahnya; tapi juga dia yang paling mulia akhlaqnya. . Lelaki terhebat bagi wanita, bukanlah yang mampu membelikan apapun untuknya; tapi yang wajah & bahunya siap menyambut senyum & airmata. . Lelaki tercinta bagi wanita; dia yang prasangka tak mengalahkan kemuliaan budinya; yang kekesalan tak mengalahkan pengertian & maafnya. . Wanita tercantik bagi pria terbaik; mungkin bukan yang paling jelita; tapi yang jika dipandang memberi tenang, hingga surgapun terbayang. . Wanita terkuat bagi pria semangat, bukanlah dia yang merasa hebat; tapi yang menundukkan diri dengan ibadat, menempatkan diri dalam taat. . Wanita terdahsyat bagi pria penuh tekad, bukan yang pesonanya memukau banyak mata; tapi yang siap jadi madrasah cinta bagi anak-anaknya. . Wanita paling kukuh di kehidupan pria nan utuh, bukan yang tak pernah menangis; tapi senyumnya meneguhkan; airmatanya pengingat taqwa. . Wanita paling bermakna bagi pria bahagia; dia yang kala berpisah menenangkan, kala berjumpa menggelorakan, tiap masa saling menguatkan. . Wanita terkaya di hati pria bijaksana, bukan yang bertumpuk harta; tapi yang ridha pada halal semata; qana’ahnya jadi simpanan tak fana. _________ ‎وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجًا . "Dan Kami ciptakan kalian berpasang-pasangan." (QS An Naba': 8) . Orang Jawa mentadabburi ayat ini dan mengabadikannya pada pusaka mereka. Keris maupun tombak yang baik dibuat dengan paduan Bapa Akasa-Ibu Pertiwi; berupa meteorit bahan pamor yang datang dari langit dan besi yang dimurnikan dari tambangnya di bumi. . Begitu pula ketika dibuatkan sarungnya, bilah dan wadah adalah kesatuan berpasangan. Curiga Manjing Warangka, Warangka Manjing Curiga,... . (Bersambung ke COMMENTS)
TETAPLAH @salimafillah . Tetaplah rendah hati dengan segala kelebihan yang tak perlu kami sebutkan lagi, Bang Sandi. Karena sejak sekarang, yang harus lebih banyak kau insyafi justru adalah kekurangan diri. . Semakin menanjak jalan yang akan kautempuh. Semakin kencang angin yang akan menghempas. Maka kian kokohkan hubunganmu dengan Allah Yang Maha Rahman. Ya, layang-layang memang hanya akan terbang jika melawan angin. Syaratnya; jangan ia lepas dari tali yang menyambungkan ia pada Pemiliknya. . Terimakasih untuk tanggapan baikmu pada Guru kita semua atas apapun yang beliau sabda. Iya. Beliau selalu junjungan kita. Maka jangan tertarik untuk bicara buruk tentang lawan perlombaan menjadi pelayan Indonesia, atau pengikutnya, atau tentang siapapun juga. . Fokuslah menyampaikan hal baik yang kaucitakan tentang negeri tercinta; fokuskan pesonamu pada Emak-emak dan generasi millenial kita. Insyaallah doa dukungan mereka kekuatan yang bergelora. ____________ Syawal tahun lalu bersama Bang @sandiuno. Jazaakallaahu khayran.😊
next page →